spoon

Susu Soya – Kedelai

0

Bahan untuk membuat susu cair:
1. 1 gelas kacang kedelai, cuci bersih hingga kotoran dan kulit ari kacangnya mengelupas. Lakukan sampai 3 kali pencucian.
2. Rendam kacang kedelai semalam, hingga bentuknya 2 kali ukuran semula. Saya biasanya merendam di dalam kulkas, karena di suhu ruang akan muncul bercak putih diatas permukaan air.
c. Esoknya cuci kedelai yg sudah direndam, gosok2 dengan telapak tangan hingga bersih. Lalu blender kacang kedelai dengan 10 gelas air matang (ukuran yg sama dengan gelas sebelumnya).
3. Saring ampas kedelai dengan kain bersih
4. Masak susu kedelai sampai mendidih, bisa ditambahkan daun pandan agar harum, atau susu bubuk coklat van houten, jika ingin rasa coklat, kemudian dinginkan. Lalu masukkan dalam botol dan simpan dalam kulkas, bisa awet hingga 2 hari. Saat proses memasak, jangan diberi garam atau gula, agar lebih awet jika disimpan di kulkas, biarkan tawar saja. Jika akan dikonsumsi baru boleh tambahkan gula batu sedikit saja. Gula dan garam akan membuat susu kedelai mengumpal dan cepat basi jika disimpan di kulkas. Susu bisa dipanaskan sebentar jika ingin diminum hangat.
5. Karena susu ini tidak berumur panjang, jgn menyimpannya lbh dari 2 hari.

sumber : http://resepvegan.com/

Post a comment